EUR / NZD Akan Terpukul Paling Berat Selama Rapat Moneter ECB Minggu Ini

fullertonmarkets

FullertonMarkets Representative
Messages
0
Divergensi dalam kebijakan moneter antara ECB dan RBNZ akan melebar karena ECB diharapkan untuk mengatur panggung untuk penurunan suku bunga September dan dimulainya kembali QE. EUR / NZD bisa jatuh lebih jauh.


Peluang penurunan suku bunga oleh ECB naik di atas ambang batas 50% untuk pertama kalinya


Pasar mengharapkan ECB untuk memotong suku mereka dari -0,4%, yang sudah merupakan rekor terendah, menjadi -0,5% pada bulan September. ECB, mirip dengan rekan-rekan bank sentral mereka, berada di bawah tekanan untuk melonggarkan kebijakan moneter untuk menjaga ekspektasi inflasi agar tidak runtuh di tengah perlambatan pertumbuhan global, meningkatnya proteksionisme perdagangan dan data ekonomi yang lemah.


Untuk ECB, inflasi yang rendah dan pertumbuhan zona euro yang lebih lambat adalah masalah utama yang dihadapi. Pasar obligasi telah melakukan reli yang kuat setelah ECB mengumumkan langkah pelonggaran lebih lanjut untuk mengatasi masalah yang mendesak.


Namun, pasar bisa kecewa karena Draghi mungkin tidak dovish seperti yang dirasakan pasar. Ini karena pertumbuhan zona euro dan data inflasi tidak serendah yang diharapkan. Data telah membaik sejak pertemuan ECB sebelumnya dan jika tren berlanjut, ECB mungkin tidak harus sekuat dalam pendekatan pelonggaran dan stimulus mereka.


Pertumbuhan harga konsumen, juga dikenal sebagai inflasi, rata-rata di 1,2%, di bawah target ECB untuk tujuan "di bawah tetapi dekat dengan 2%". Ini jelas jauh dari target 2% tetapi sebagian besar perusahaan sejenisnya berkinerja buruk atau telah menurunkan perkiraan inflasi hanya untuk memenuhi target.


Di sisi lain, PMI komposit zona euro yang dipandang sebagai indikator kuat pertumbuhan PDB, telah membaik meskipun sulit untuk memperkirakan apakah tren dapat berlanjut. PMI manufaktur adalah satu-satunya yang terjebak di wilayah negatif karena peningkatan perdagangan dan ketidakpastian Brexit dan akan ada kekhawatiran apakah kelemahan akan meluas ke ekonomi yang lebih luas.


Investor tidak hanya harus menunggu konfirmasi penurunan suku bunga oleh Draghi tetapi juga ECB berencana memperkenalkan kembali pelonggaran kualitatif (QE). Suku bunga negatif saat ini sudah merugikan bank, sehingga pemotongan 10bps lebih lanjut mungkin memerlukan langkah-langkah mitigasi seperti pengecualian untuk beberapa deposito. Selain itu, pemotongan 10bps mungkin tidak cukup untuk mengembalikan inflasi ke jalur yang semula karena suku bunga sudah berada di wilayah negatif.


Jika Draghi mempertahankan suku bunga tidak berubah minggu ini, panduan ke depannya akan menjadi fokus utama karena ia secara luas diharapkan untuk menurunkan tingkat proyeksi ECB dan mengkonfirmasi penurunan suku bunga pada bulan September. Euro dapat terus melemah sampai pertemuan kebijakan moneter ECB, tetapi kami mungkin mengharapkan reaksi spontan untuk rebound dalam jangka pendek jika suku bunga tetap tidak berubah.


EUR / NZD bisa mendapatkan pukulan terburuk karena RBNZ diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah sampai perlambatan lebih lanjut dalam data menunjukkan sebaliknya. Dengan ekspektasi inflasi Selandia Baru yang diperkirakan akan stabil sekitar titik tengah 2%, ini bisa berarti bahwa RBNZ dapat mempertahankan suku bunga tidak berubah sampai akhir 2019.


Ini akan menyebabkan perbedaan antara ECB dan RBNZ, menyebabkan EUR / NZD jatuh ke 1,6340 yang merupakan terendah Maret 2019.


Pilihan Kami
EUR/NZD – Sedikit bearish.
Pasangan ini bisa jatuh ke level harga 1,6340 jika ECB mengkonfirmasi penurunan suku bunga September.
EURNZD.png


USD/JPY – Sedikit bullish.
Pasangan ini dapat naik menuju 108,4 karena dana mengalir keluar dari euro ke dolar karena ekspektasi ECB yang dovish.
USDJPY.png


XAU/USD (Gold) – Sedikit bullish.
Kami memperkirakan harga akan naik menuju 1438 minggu ini setelah harga menembus resistance kunci 1424.
XAUUSD.png


SPX/USD (S&P 500) –Sedikit bullish.
Indeks mungkin naik menuju 2992 minggu ini karena harga mendekati support.
SPXUSD.png
 
Top